BAGUS.CO
BAGUS.CO

Senin, 14 Mei 2012

SEJARAH TIK


A.      SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
1.       Masa Prasejarah (Sebelum 3000 SM)
          Awalnya, teknologi informasi dikembangkan manusia sebagai system pengenalan bentuk-bentuk dengan menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, misalnya tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, meraka mulai mengenal benda-benda di sekitar lingkungan mereka dan mewakilkan bentuk pada lukisan di dinding gua tempat mereka tinggal. Kemampuan mereka  dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi.
Perkembangan teknologi selanjutnya, yaitu dengan diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyidan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. Pada masa ini, teknologi informasi ini belum menjadi teknologi massal seperti yang kita kenal sekarang dan hanya dihunakan pada saat-saat khusus.

2.       Masa Sejarah (3000 SM s.d 1400 M)
Perkembangan tulisan semakin maju pada masa sejarah, mulai ditemukan abjad fonetik, kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa, inngga cara pencetakan buku. Pada masa ini, informasi belum disebarkan secara maksimal. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa sejarah pada table berikut.

Zaman Sejarah
1.Prasasti
Peninggalan berupa prasasti menandakan suati dinasti, atau bukti adanya kekuasaan sebuah kerajaan. Prasasti dapat diidentifikasi sebagai bukti bahwa tulisan dan bahasa sudah digunakan dengan baik. Zaman Sejarah Prasasti dengan bentuk tulisan yang dibuat.
2.Abacus
Abacus, muncul 5.000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Para pedagang pada masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan,. Sering dengan kemunculan pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar