BAGUS.CO
BAGUS.CO

Selasa, 15 Mei 2012

Pengertian Software Aplikasi


Software operasi
S
oftware operasi atau operating system merupakan perangkat  lunak dasar yang sepenuhnya untuk mengendalikan system computer. System opersi mengandung sejumlah program . fungsi utama system operasi :
*      Sebagai manajemen proses pencangkup penyiapan ,penjadwalan dan pemantulan proses progrsm yang sedang  dijalankan .
*      Sebagai manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak system/petrangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan. Contoh sumber dayanya adalah komponen perangkat keras pada computer yaitu CPU, memori utama , alat input/ouput
*      Sebagai manajemen data, yaitu berupa pengendalian terhadap data yang masuk /keluar                                    
                                                                
                                                            

                                                               Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0285750.wmf
Selain itu system operasi juga mempunyai sarana untuk  untuk mengola keamanan. Ciri system oprasi yang memiliki manajemen keamanan antara lain pemakai memasukan nama pemakai atau password/kata rahasia sebelum mengakses computer .
Ada system operasi yang hanya bisa mengerjakan satu tugas (single-task) da nada system operasi yang bisa mebgarjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan (multitasking). System operasi single-tasking yang lebih primitive hanya bisa menjalankan satu tugas dalam satu wakyu ,contoh ketika computer mencetak dokumen maka computer tidak bisa memulai proses lain atau merespon perintah baru sebelum proses pencetaka selesai . semua system operasi modern merupakan system operasi multitasking sehingga dapat menjalankan beberapa proses secara merentak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar